Tips Merawat Kulkas

Tips Merawat Kulkas

Kulkas atau lemari es adalah benda seperti yang memiliki suhu yang dingin berfungsi untuk mendinginkan atau mengawetkan benda-benda yang dimasukan ke dalamnya. Hampir setiap rumah pada masyarakat kalangan menengah ke atas memiliki benda ini. Agar lemari es di rumah anda bisa bertahan lebih lama, sebaiknya kita melakukan beberapa hal berikut ini. Dengan begitu kita dapat mencegah terjadinya kerusakan dalam kulkas tersebut selain itu dapat menghemat pengeluaran anda untuk pembelian baru maupun perbaikan. Disini saya akan membahas dan memberikan solusi masalah kulkas, mungkin dapat berguna untuk anda.

Berikut tips dan trik merawat kulkas supaya tahan lama :

  1. Dari Segi Penempatan Dan Hubungan Listrik

Hindari terlalu lama membuka pintu kulkas agar udara dingin tidak banyak berhembus keluar sehingga mesin tidak bekerja terlalu keras. Bersihkan dengan seksama kulkas anda dari debu meski masih baru, hindari dari sinar matahari langsung atau dekat dengan benda-benda yang mengeluarkan panas.

Letakkan Kulkas tidak menempel di dinding yaitu beri jarak kurang lebih 15 cm. Gunakan tambahan roda kulkas jika tidak ada rodanya agar lebih mudah memindahkan dan membersihkan kulkas.

Sebaiknya hubungan listrik kulkas lewat stop kontak tunggal,karena mencegah alat listrik lain maupun lampu rumah anda dari beban yang dapat membuat listrik turun.Pasang perangkat STAVOL ( stabilizer ) untuk menjaga kemungkinan arus listrik yang naik turun, sebab dengan kondisi arus listrik yang kurang baik ( tegangan naik turun ) akan menimbulkan efek kinerja kulkas tidak bisa optimal ( bisa juga akan menimbulkan kerusakan pada unit kulkas tersebut ).

Set temperatur kulkas anda sesuai kebutuhan, jangan diset terlalu dingin jika tidak perlu agar mesin pendingin tidak dipaksa bekerja teralu keras serta dapat menghemat biaya listrik.

Saat pertama kali digunakan, putar pengatur suhu pada posisi 1. Biarkan kulkas anda beroperasi tanpa beban selama 2-3 jam untuk menstabilkan suhu operasinya. Jika pengoperasian tersebut terganggu/terputus karena listrik maka tunggulah 5 menit sebelum anda menyalakan kembali.

  1. Dari segi Penyimpanan Makanan

Masukkan bahan makanan dan minuman secukupnya tidak berlebihan agar mesin kulkas mudah mendinginkan ruangan dalam kulkas. Jangan menyimpan makanan yang mudah busuk (buah dan sayuran) pada freezer/pembuat es(evaporator). Jika ingin memasukkan makanan hendaknya tidak dalam suhu panas, tunggu hingga suhu tidak panas. Karena dapat menyerap listrik lebih banyak dan tentunya bisa membuat rekening listrik tambah besar!.

Jangan menyimpan botol kaca berisi air pada freezer (evaporator) karena botol tersebut dapat pecah saat membeku.

Untuk makanan yang memiliki bau yang tajam sebaiknya ditaruh dalam tempat yang tertutup/terbungkus rapat agar tidak mencemari makanan lain.

Perhatikan lama penyimpanan makanan dalam kulkas. Untuk buah dan sayuran segar biasanya 3-4 hari, arbei dan anggur 1-2 hari, ikan segar 1-2 hari, daging potong segar 4-5 hari, susu dan krim 3-7 hari, telur 2 minggu, keju keras kurang lebih 1 bulan sedangkan minuman sesuai dengan kadaluarsanya.

  1. Kerusakan Dan Kemungkinan Penyebabnya

Kulkas tidak berfungsi, periksalah keadaan sekeliling rumah anda dan lihat lagi apakah saklarnya longgar.

Kulkas tidak dingin bisa karena, pengatur suhu tidak disetel di posisi yang tepat, letak kulkas terlalu dekat dengan dinding atau sumber panas, suhu sekeliling yang memang panas, terlalu sering membiarkan pintu kulkas terbuka, terlalu banyak makanan yang disimpan, freon sudah habis.

Ada bunyi yang tidak normal, kulkas ditaruh pada lantai yang lemah, tidak rata, dan ketinggian kulkas kurang sesuai, pada bagian belakang kulkas ada benda yang tertinggal.

Ada bau dari dalam kulkas, periksa apakah ada makanan yang beraroma tajam yang tidak dibungkus rapat, bagian dalamnya tidak dibersihkan.

Ada embun pada permukaan kabinet, gejala normal bila memang keadaan sekeliling sedang pada tingkat kelembaban tinggi, periksa apakah pintu kulkas tidak tertutup rapat.

Bila terjadi kerusakan parah sebaiknya hubungi petugas servis khusus yang ditunjuk produsen kulkas dan gunakan kartu garansi anda bila masih berlaku.

 

  1. Cara Membersihkan

Sebaiknya bersihkan kulkas anda secara teratur untuk mencegah timbulnya bau. Sebelum membersihkan dianjurkan untuk melepas dulu saklar listrik dan keluarkan seluruh makanan.

Segera lap tumpahan makanan karena dapat mengotori permukaan plastik secara permanen. Jangan membersihkan permukaan dengan keset, sikat dan pembersih kasar sejenis serta larutan alkali. Jangan menyentuh permukaan yang beku dengan kain yang basah dan kotor, karena basah dan kotor akan mudah melekat di permukaan yang beku.

Untuk membersihkan bagian luar dan gasket pintu magnetis, gunakan larutan busa sabun lunak atau deterjen yang hangat kuku, basuh dengan kain lap basah lalu keringkan.

 

  1. Merawat Evaporator

Jangan sekali-kali menggunakan benda tajam ataupun logam untuk mengambil es, maupun kotak es pada evaporator. Sebaiknya anda perlu melakukan peleburan bunga es secara teratur (bunga es sebelum tebalnya melebihi 2 cm) agar kulkas selalu beroperasi dengan efisien. Untuk melakukan peleburan bunga es tekanlah tombol untuk peleburan/defrosting dan tidak perlu mencabut saklar listrik.

Jika anda memerlukan jasa Service atau Perbaikan Kulkas/Lemari Es, freezer, showcase atau konsultasi? Hubungi kami sekarang juga!

Nusantara Teknik
Telp: 021-9495-9060
HP: 0821-1220-2526 & 0851-0260-9493
Pin BBM : 5497346A

(Visited 163 times, 1 visits today)