Memperbaiki pompa air tidak menghisap atau menyedot

Permasalahan pompa air tidak mampu menyedot atau tidak kuat menghisap merupakan persoalan yang paling umum dan hal ini bisa saja terjadi pada pemasangan unit mesin pompa baru maupun yang sudah beroperasi untuk rentang waktu yang lama.

Dalam kasus pompa sumur dangkal, atau jenis pompa yang berada di permukaan, penanganan dan cara perbaikan ketika terjadi masalah pompa tidak kuat menghisap/tidak menyedot, maka langkah pertama sebelum anda memutuskan untuk mengangkat semua pipa hisap, akan lebih praktis jika terlebih dahulu memeriksa secara pasti apakah motor (dimano) masih dapat bekerja dengan normal.

Pastikan putaran motor dari unit pompa anda masih mampu berjalan sesuai dengan rpm yang wajar dan tidak terdengar suara berisik, bising atau terdengar menggerus.

Sampai di sini anggap saja bahwa kondisi motor (dynamo) masih dalam keadaan prima, maka memasuki tahap selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap tabung angin pada pompa untuk type tertentu yang memang menggunakannya. Cobalah untuk menekan katup tabung angin dan memastikan masih terdapat tekanan udara yang cukup kuat dari dalam tabung.

Kalaupun tidak terdapat udara sama sekali atau hanya sedikit melemah, artinya angin didalam tabung telah kosong bisa jadi juga mengalami kebocoran. Sesungguhnya sebuah unit mesin pompa masih dapat dioperasikan secara normal meskipun tanpa menggunakan tabung angin tersebut dengan syarat, harus menutup rapat lubang (drat) nepel bekas tabung dengan menggunakan dop/plug yang sesuai ukuran.

Masalah lain pompa air tidak bisa menghisap

Jika semua tindakan di atas sudah dilakukan dengan benar tanpa menemui masalah yang serius namun tetap saja pompa tidak mampu menghisap air, maka langkah final yang harus dilakukan adalah mengangkat seluruh rangkaian pipa hisap dari dalam sumur.

Lepaskan semua sambungan pipa satu persatu dan memeriksa pada setiap bagian untuk memastikan tidak ada pipa yang pecah, retak atau bocor sekecil apapun. Jika terdapat kebocoran pada bagian pipa hisap, khususnya yang berada di atas permukaan air, maka akan membuat mesin pompa kehilangan kevakuman sehingga daya hisap akan melemah bahkan tidak ada sama sekali (kosong).

Memperbaiki-Pompa-AirSelanjutnya rangkai kembali pipa hisap, dan sekali lagi anda harus memastikan bahwa tusen klep yang berada pada bagian ujung bawah masih dapat bekerja dengan baik. Pemasangan pipa hisap yang benar supaya memperhatikan dan mengetahui berapa kedalaman level air untuk memberikan jarak paling aman antara posisi tusen klep terhadap dasar sumur serta terhadap permukaan air sehingga akan menjaga posisi kapasitas air yang tersedia dan menghindari kejadian pompa kekurangan air (masuk angin).

Semua rangkaian pipa harus tersambung dengan benar dan sambil dimasukkan kedalam lubang sumur, lakukan pengisian air pada pipa hisap hingga penuh sebelum anda menghubungkannya dengan mesin pompa,  tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran di bagian bawah dengan melihat bahwa posisi air di dalam pipa tidak menyusut atau menurun.

Kesalahan Pemasangan Pipa Hisap

pompa-salahKesalahan dalam metode pemasangan pipa hisap merupakan faktor penyebab pompa air tidak bisa menghisap yang paling sering terjadi. Biasanya untuk konsumen yang memasang tanpa menggunakan jasa ahli atau tukang pompa kurang memiliki pengalaman dalam hal ini.

Mereka hanya mencoba melakukan pemasangan dengan tujuan dapat menempatkan unit mesin pompa serapi mungkin tanpa mempertimbangkan efektifitas dan prosedur teknis yang benar.

Gambar yang kiri sepintas hanya berbeda pada rangkaian pipa hisapnya dimana pipa hisap terpasang dengan posisi melebihi ketinggian unit mesin pompa. Karena sebaik apapun sambungan pipa yang dirangkai seperti ini tetap memiliki resiko masuk angin pada bagian pipa yang berada di atas mesin sehingga daya hisap pompa menjadi lemah.

Gambar yang kanan bermakna bahwa sejauh apapun unit pompa dari lubang sumur namun jika pipa hisa tetap berada dibawah mesin, maka secara teknis tidak akan mengurangi daya hisap pompa karena seluruh ruangan pipa tidak beresiko terjadi masuk angin.

Biasanya jika mesin pompa air masih dalam kondisi normal, dan rangkaian pipa hisap telah tersambung dengan benar, kemudian spesifikasi pompa juga sudah sesuai dengan prosedur teknis untuk kedalaman hisap yang di ijinkan, maka seharusnya pompa air anda akan langsung bekerja dan dapat menghisap air dengan baik ketika di nyalakan.

Workshop : Jl. RAYA TIPAR CAKUNG No.21 JAKARTA TIMUR

Hubungi Nusantara Teknik : 081218288188, 082112202526, 085102609493

(Visited 36 times, 1 visits today)